Posted by: nadhil | February 16, 2009

peristiwa memalukan dan resolusiku

hahaha..

Lama bgt nih nggak nge-post jd bngung mau nge post apa. Hmm. Hmm.

::

Hari rabu (atau selasa) kemaren, aku ikut lomba puisi.

oke, kalian boleh ketawa ngakak atau jungkir balik, atau bilang, “pasti kalah, deh”. Oke, aku terima kok. Yap, aku emang udah kalah (mungkin). Secara yang ikut mantep2! oke, cerita dari awal ya..

Awalnya aku sama sekali nggak berminat buat ikutan lomba puisi. Secara biasanya aku nulis puisi dan bukannya bacain. Dan aku suka seenaknya gitu kalau baca puisi, eh bikinnya juga sih. Dengan intonasi yang datar. Tapi, aku berambisi (yeah, aku ambisius) buat menangin ‘best class’ di lomba2 rangkaian Aksi ini. Jadi yang dapet ‘best class’ itu yang kelasnya banyak ikut lomba, jadi kayak ngumpulin point gitu. Kalau menang otomatis point nya makin gede.

Nah, orang yang harusnya ikutan lomba itu, juga ikutan lomba debat sehingga aku berinisiatif menggantikannya dimana itu ide yang BODOH awalnya. Tapi aku inget waktu lomba memalukan pidato di smanti dan aku yang sangat sulit berkomunikasi dengan orang (walau pun udah ngomong selam 10 menit, nggak ada yang ngerti aku ngomong apa, termasuk aku sendiri), jadi ikutr lomba2 ngomong di depan banyak orang masuk dalam resolusi tahun ini.

hei, emang baca puisi bisa menambah kemampuan komunikasi seseorang?

(aku baru mikir sekarang)

ya, paling nggak bisa menambah pede ku. Hahaha..

back to the story:

Jadi malem2 aku bikin puisi, trus latian tanpa suara (hayo, gimana tuh?), pas di skolah, ternyata puisi yang udah dibuat, nggak nyambuung! untung ada kenneth, sang pujangga yang ikut lomba puisi bertemakan unity in diversity yang juga menjadi tema lomba baca puisi. Berterimakasihlah kenneth, udh disebut pujangga. Oke, dengan kursus kilat dari pipit sang.. apa ya namanya. Pokoknya nih ya, kalo dia jadi calon presiden trus orang2 bego pasti bakal milih dia apa pun yang dia omongin. Ya udah deh, dengan berbagai tips singkat dari pipit, dengan berusaha pede tapi gemeteran, aku masuk ruangan lomba.

Iya lho..

Peserta pertama selvi, anak x1 juga yang aku paksa2 buat ikutan lomba itu. Dia shock, karena puisinya juga baru dibuat sejam yang lalu di kelas. Dan, dia nggak buruk. Gimana aku??

Peserta kedua, anak kelas 11, tapi dia nggak ada. Dan akhirnya,

“Nadhila Iffa Zakira dari x1”

shit! mati aja udah.

oke, aku inget2 smua tips pipit. Pertama, senyum. Tarik nafas dan..

::

Dan baru hari itulah aku mengerti. Membaca puisi dan menulis puisi adalah 2 hal yang amat BERBEDA. Seorang pembaca puisi, tak hanya berbicara lewat kata-kata. Tapi suara, ekspresi, intonasi, dan emosi yang ditimbulkannya. Bahkan kata2 menjadi tak penting lagi. Berbeda dengan seorang penulis puisi, ia hanya dapat menyampaikan lewat kata2 dan sisanya.. terserah yang membaca. Meski maknanya menjadi lebih indah karena kebebasan pembaca untuk menafsirkan puisi ciptaannya. Dan itulah, aku mengerti.

Sama ketika aku tahu bahwa puisi berima itu lebih dianggap indah oleh orang-orang dan ternyata banyak juga puisi indah tanpa memedulikan rima (puisi ciptaanku cenderung seenaknya tanpa rima karena dibuat mood-moodan).

Dan, yaah setidaknya aku udh menjalankan 1 resolusi dan akan terus menjalankan resolusi ini. Hahaha mempermalukan diri di depan umum begitulah bahas kasarnya.

wish me luck!

ūüôā

Responses

  1. ciee nadhila ikut lomba baca puisi.. gimana tu nad hasilnyaa ?? ūüėÄ

  2. ciee.. nadila..
    baca puisi emang susah..
    ga kayak waktu sd,,
    asal apal sama suaranya bagus dan kenceng langsung dapet nilai bagus, hha..

    tapi kayaknya puisi nya bagus trus pas latihan juga bagus,,, paling jelek masuk 3 besar.. hhe.

    eh,,best class tuh ada apa…??
    klo gitu kelas kita bisa best class kali, (hopefully)

  3. hehe, gitu deh kaak..
    paling kalah, yg kelas 11 keren2 bgt..

    ada lg, yan yg namanya ‘best class’ di dunia ini tanya aja kak fatma. iya kan kak??


Leave a Reply

Categories

